[vc_row row_type=”row” use_row_as_full_screen_section=”no” type=”full_width” text_align=”left” box_shadow_on_row=”no”][vc_column][vc_column_text]

“Menahan kantuk sama sulitnya untuk menahan rasa cintaku padamu, Sayang…”Gombalanku pada playstation 3 yang baru aku beli beberapa minggu yang lalu.

Ngantuk memang sulit dihindari, jika sudah Negara api menyerang maka tamatlah riwayat Avatar. Menganuk memang sulit dihindari. Lebih kejam dari jailangkung yang datangnya diundang. Kantuk?? Dia bisa datang kapan saja. Persis seperti rinduku padamu, Mbak….  :v

Kurang tidur seringkali dijadikan alasan mengantuk saat jam kerja. Bagi para pelajar seperti saya, mengantuk rasanya sangat menyesakkan. Jika dia datang pada waktu yang tidak tepat, apalah daya, tidur menjadi sangat-sangat “Mak-lezz”

Bagi Anda yang suka menyesap nikmatnya kopi, mengatasinya dengan secangkir kopi adalah hal lumrah. Tapi teryata pemirsa, meminum kopi juga ada plus minusnya.

Minusnya dulu, minusnya, uang di saku kita jadi minus buat beli kopi kwkw

Plusnya? Plusnya, kita jadi tambah ketergantungan sama kafein kwkw (biarkan saya tertawa sendiri)

Saya juga merangkum beberapa tulisan lain mengenai mengantuk dan cara mengatasinya, bisa anda baca di sini  pahami rasa kantuk dan segera atasi

Minuman berkafein memang dapat mencegah rasa kantuk. Namun Anda patut mewaspadai efek sampingnya, mulai dari memangkas waktu tidur, mengganggu siklus dan menurunkan kualitas tidur Anda.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda bisa tetap “melek” secara alami? Ada baiknya Anda mencoba 12 cara berikut ini :

1. memberi kesempatan istirahat pada mata

Lha mbok ojo ngoyo, wayah istirahat yo istirahat nduk, kalau kamu sakit siapa yang akan menemaniku??  EEAAA….

Intinya sediakan waktu untuk beristirahat bagi mata kita. Agar kembali fresh dan greEzz…

  1. Bangun dari tempat duduk dan berjalan-jalan sejenakSeriusan dikit lah, Dalam sebuah studi populer, Robert Thayer PehaDe, seorang profesor di California State University, mempelajari apakah orang-orang lebih bersemangat dengan makan permen atau berjalan-jalan cepat 10 menit. Meskipun mengunyah permen meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.Jika Anda bekerja di meja, sering-seringlah untuk berjalan-jalan sebentar. Baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat Anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.
  2. Memilih cemilan yang sehat

Cemilan yang sehat adalah cemilan yang didapat secara gratisan 🙂 kwkw, maksut saya
cemilan sehat adalah cemilan yang tidak membawa wabah penyakit baru, tapi justru mampu meningkatkan energi lebih lama, seperti:

  1. Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
    2. Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar
    3. Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.4. Buatlah ruang kerja anda lebih terang

jika pencahayaan kurang itu akan membuat tubuh kita lebih lelah, beda halnya jika terang. penelitian menunjukan menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. saya kira secara akalpun begitu

5. Tarik nafas yang dalam hingga terasa

Dengan menarik nafas yang dalam, maka kadar oksigen darah dalam tubuh akan meningkat,
Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.

Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :

* Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak.
* Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda dapat menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mendorong udara keluar.

Teknik lain disebut merangsang napas, digunakan dalam yoga untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya : Tarik dan hembuskan napas secara cepat cepat melalui hidung. Mulut Anda tetap tertutup tapi santai. Lakukan teknik napas ini dengan tempo singkat, yakni tiga kali dari setiap siklus dalam satu detik. Lalu setelahnya, bernapaslah dengan normal. Anda dapat melakukannya sampai 15 detik untuk pertama kali dan untuk berikutnya tambahkan lima detik setiap kali melakukannya hingga mencapai satu menit.

  1. Alihkan tugas untuk stimulasikan pikiran

Pada 2004, peneliti Finlandia mempelajari orang-orang yang bekerja shift malam (jam 12). Mereka menemukan bahwa pekerjaan monoton sama berbahayanya karena mengurangi waktu tidur dan menurunkan kewaspadaan. Cobalah melakukan tugas yang berbeda di rumah atau di tempat kerja saat mengantuk. Atau beralih ke tugas lain yang lebih menarik ketika Anda merasa mengantuk.

7. Udara siang mengatur siklus tidur

Cobalah untuk menghabiskan setidaknya 30 menit sehari di bawah sinar matahari alami. (Bagi penderita insomnia, para ahli merekomendasikan untuk tidur pada jam matahari pagi bersinar). Berjalanlah keluar untuk menghirup udara segar sekaligus memulihkan kembali indera Anda.

8. Minum air

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

9. Olahraga

Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

Cobalah berolahraga selama 30 menit sehari. Jika Anda memutuskan berlatih keras dalam beberapa hari, kemungkinan tingkat energi Anda akan menurun dan baru pulih dalam beberapa jam kemudian. Konsumsilah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dalam waktu dua jam setelah latihan berat untuk mengganti hilangnya energi di awal latihan. Pastikan untuk menyelesaikan latihan beberapa jam sebelum waktu tidur sehingga Anda mengantuk saat mencoba tidur.
10. Beraktifitas lain

Bisa jadi, kantuk datang memang saat kita beraktifias. Tapi hal yang monoton tersebut akan mengantarkan mata kita untuk ngantuk, maka cobalah aktivitas lain. Dengan melompat misalnya, atau menggeleng2kan kepala atau apalah terserah

  1. Tidur siang sejenak hilangkan kantuk

Menurut Barry Krakow, MD, penulis Sound Sleep, Sound Mind: Seven Keys to Sleeping Through the Night, ada dua hal yang perlu diingat tentang tidur siang: Jangan tidur siang lebih dari sekali, atau mendekati waktu tidur Anda. “Tidurlah antara 5 sampai 25 menit,” kata Barry.

Waktu tidur siang sebaiknya enam atau tujuh jam sebelum Anda biasa akan pergi tidur. Jika Anda ingin istirahat hampir saat jam tidur, istirahatlah lebih pendek.

Jika Anda perlu tidur siang di tempat kerja, lebih baik jangan tidur di meja. Beberapa perusahaan menyediakan kamar tidur bagi karyawan. Atau anda dapat melatih selama liburan dengan jam alarm untuk memastikan anda bangun tepat waktu.

“Jika Anda tidak dapat tidur, beristirahatlah dengan menutup mata selama 10 menit atau lebih,” kata Allison T. Siebern, PhD, dari Stanford University Sleep Medicine Center di Redwood City, California.

12. Ngobrol dengan rekan kerja

Jika Anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. “Bicaralah dengan rekan kerja tentang bisnis, politik, atau agama. Ini akan menjadi perangsang yang kuat terutama pembicaraan tentang politik,” kata Krakow, Direktur Medis dari Maimonides Seni Tidur dan Ilmu Pengetahuan, Ltd di Albuquerque.

Kapan perlu ke dokter?

Jika Anda tak bisa berhenti mengantuk, waspadalah! Konsultasikan dengan dokter atau spesialis tidur. Mungkin Anda memiliki gangguan tidur seperti kantuk berlebihan atau narkolepsi. Jika Anda sulit tidur karena stres atau alasan lain, terapi perilaku kognitif dapat membantu mengembangkan kebiasaan tidur yang baik dan mengurangi kecemasan tidur.

baca juga artikel lainya
sering merasa ngantuk?lelah, letih dan lesu?? waspadai anemia, pahami gejalanya, sayangi tubuh anda
anda sering mengantuk?? bahaya narcolepsy sering tidak kita sadari[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]